KOLABORASI ANAK MUDA CINTA TAMAN NASIONAL

Bermula bulan Juli 2020, dengan dukungan Lembaga Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) melalui program Bangun Indonesia untuk Jaga Alam demi Keberlanjutan (BIJAK), sejumlah 23 lembaga lingkungan hidup berkumpul dan berkomitmen untuk bekerja bersama-sama dalam membangkitkan kecintaan anak muda terhadap taman nasional. Nama Kolaborasi Anak Muda Cinta Taman Nasional dipilih karena kami percaya bahwa taman nasional dapat menjadi sumber pembelajaran bagi anak muda untuk melakukan aksi perlindungan alam. Saat ini, Indonesia memiliki 54 taman nasional yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Kawasan tersebut melindungi ekosistem penting dan menjadi habitat bagi flora dan fauna, menopang kehidupan manusia dengan menyediakan air bersih dan udara segar, menjaga kekayaan warisan budaya, dan sebagai ruang untuk rekreasi serta belajar.

Diresmikan September 2020, Kolaborasi ini sepakat melakukan kampanye bersama untuk memicu rasa ingin tahu dan perhatian anak muda pada taman nasional, serta menginspirasi mereka untuk menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap taman nasional di Indonesia. Kolaborasi melaksanakan kegiatan-kegiatan melalui media sosial dan aksi nyata untuk memberikan informasi terkait taman nasional dan konservasi di Indonesia melalui foto, kisah inspiratif, permainan, dan ajakan untuk terlibat dalam aksi bersama. Salah satunya adalah dengan mengajak anak muda mengunggah foto kunjungan mereka ke taman nasional di akun media sosial masing-masing menggunakan tagar #KawanTaman dan #KenanganTerindah.

Hingga saat ini anggota kolaborasi telah bertambah menjadi 24 organisasi. Dengan makin meluasnya kampanye Anak Muda Cinta Taman Nasional, diharapkan website ini dapat menjadi sumber informasi mengenai 54 taman nasional dan keanekaragaman hayati di dalamnya, yang pada akhirnya mendorong anak muda untuk mengeksplorasi, mencintai dan terlibat aktif dalam perlindungan taman nasional dan alam Indonesia.